Perbaikan Jalur Akibat Kecelakaan KA Argo Bromo Anggrek
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, Didiek Hartantyo, menyatakan bahwa pihaknya menargetkan perbaikan jalur yang rusak akibat kejadian anjloknya KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pegadenbaru, Subang, Jawa Barat, akan selesai dalam tiga hari ke depan.
“Kalau perbaikannya mungkin dua sampai tiga hari, tapi kami tetap mengupayakan secepatnya,” ujar Didiek Hartantyo dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Ahad, 3 Agustus 2025.
Evakuasi rangkaian kereta telah selesai dilakukan pada Sabtu pagi, 2 Agustus 2025, pukul 07.00 WIB, dan proses perbaikan jalur berlangsung hingga pagi hari ini. Setelah proses perbaikan selesai, jalur kembali dapat digunakan sejak pukul 10.57 WIB dan dilewati pertama kali oleh KA Argo Lawu dengan kecepatan terbatas.
Didiek menjelaskan bahwa biasanya kereta bergerak dalam kecepatan 120 kilometer per jam. Namun, untuk jalur yang sedang diperbaiki, KA hanya bergerak dengan kecepatan 60 kilometer per jam. “Kami terus mengupayakan normalisasi agar lintas tersebut kembali ke kecepatan normal ke 120 kilometer per jam, tapi tentu saja kami mengutamakan aspek keselamatan,” ucap Didiek.
Dalam catatan KAI, sebanyak 80 perjalanan kereta dibatalkan akibat insiden tersebut. Rinciannya adalah 54 perjalanan dibatalkan pada hari H kejadian tanggal 1 Agustus, 24 perjalanan dibatalkan pada 2 Agustus, dan dua perjalanan dibatalkan pada hari ini. Sementara itu, terdapat 42 perjalanan lainnya dialihkan melalui jalur memutar via Purwokerto-Kroya-Bandung.
“Namun, hari ini secara umum perjalanan kereta api sudah normal kembali,” kata Didiek.
Per hari ini, dari total 72 perjalanan KA dari arah timur menuju Jakarta, sebanyak 65 KA tiba tepat waktu, dan 7 KA mengalami keterlambatan. Sejak pukul 09.15 WIB hari ini, PT KAI telah berhasil memproses pembatalan sebanyak 22.664 tiket pelanggan untuk periode perjalanan 1 hingga 3 Agustus.
Selain itu, pengembalian dana atau refund penuh (100 persen) diberikan ke pelanggan yang melakukan pembatalan tiket akibat gangguan ini. Pengajuan refund dapat dilakukan melalui loket di stasiun maupun aplikasi Access by KAI hingga 7×24 jam setelah jadwal keberangkatan.
Layanan Pemulihan dan Dukungan Pelanggan
KAI juga menyediakan kompensasi berupa service recovery bagi pelanggan yang mengalami keterlambatan signifikan. Pelanggan yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat mengakses Contact Center KAI 121 (021-121), WhatsApp 0811-1211-1121, atau aplikasi Access by KAI.
Pihak KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan meskipun menghadapi kendala seperti kecelakaan lalu lintas kereta api. Proses perbaikan jalur dan pemulihan operasional dilakukan dengan penuh kesabaran dan tanggung jawab guna memastikan keselamatan serta kenyamanan para pengguna jasa kereta api.